Minggu, 11 November 2012

Pengenalan Geografi

Diposting oleh Unknown di 01.51


BAB 1
PENGENALAN GEOGRAFI

A.KONSEP-KONSEP GEOGRAFI
Jika kita sedang belajar geografi di SMA bab pertama yang kita lalui adalah fenomena geografi.Bab ini memuat beberapa sub bab seperti Konsep Geo,Pendekatan Geo,Prinsip Geo dan Objek Geo.Lalu apa sih yang dinamakan konsep Geo? Kalau konsep itu memiliki banyak arti ,bisa gambaran,bagan,dan bisa juga sebuah keadaan yang ada atau yang nampak.Sedangkan Geografi adalah berasal dari dua kata ,yaitu Geo=Bumi dan Graphien=gambaran.Jadi definisi yang tepat mengenai konsep adalah sebuah gambaran atau kejadian yang ada mengenai gambaran muka Bumi,konsep Geografi menjadi 10 macam,antara lain:
1.       Konsep Lokasi
Sesuatu konsep yang menunjukkan letak suatu tempat yang dipandang dari berbagi sudut pandang,seperti:
a)      Lokasi Absolut   : Lokasi suatu tempat yang ditinjau dari letak astonomisnya (letak lintang dan bujur).dikatakan mutlak karena letak astronomis tidak bisa diubah.
b)      Lokasi relative   : Lokasi ditinjau dari mana seseorang melihat leaik suatu tempat, misalnya letak Gunug Wilis bisa di barat Kediri bisa juga di timur Madiun.
2.       Konsep Jarak
Sesuatu yang memisahkan dua tempat atau lebih,contohnya jarak antara Kediri dan Surabaya adalah 100 KM,berarti tempat sepanjang  100 KM ini yang disebut sebagai jarak.
3.       Konsep Keterjangkauan/Accesbility
Mudah susahnya seseorang mencapai suatu tempat.Contonya Perjalanan menuju Surabaya melewat Jombang sangat macet jika ditempuh melalui jalan raya.Alternativnya ditempuh melalui jalur pedesaan untuk mempersingkat waktu menuju Surabaya.
4.       Konsep Interaksi/interdependensi
Merupakan hubungan timbal balik pihak yang saling mempengaruhi dan saling membutuhkan.Misalnya  2 wilayah saling berinteraksi,wilayah A membutuhkan barang C dari wilayah B sedangkan wilayah B membutuhkan Barang D dari Wlayah A,kemudian mereka saling berinteraksi untuk memenuhi kebutuhan masing-masing.
5.       Konsep  Pola
Adalah sebuah kecenderungan tempat membentuk bentuk apa. Misalnya pola pohon nyiur di tepi pantai cenderung memanjang mengikuti garis pantai.
6.       Konsep Aglomerasi
Suatu wilayah yang cender menggerombol disebut aglomerasi.Misalnya perkampungan kumuh di tepi sungai Jakarta yang terlihat menggerombol karena kurangnya lahan.
7.       Konsep Morfologi
Merupakan bentuk permukaan bumi.Seperti bentuk gung yang tidak rata seperti datan.
8.       Konsep Nilai guna
Adalah kegunaan suatu barang atau yang lainnya yang ditinjau dari berbagai sudut pandang. Misalnya bagi masyarak tepi pantai bermain di pantai adalah hal yang biasa namun bagi orang yng tinggal diperkotaan darah pantai memiliki nilai gua yang tinggi.
9.       Konsep Differensiasi Area
Adalah perbedaan suatu wilayah dengan wilayah lainnya.Contonya Kediri penghasil jagung karena tanahnya subur sedangkan Tuban penghasil Tembakau karena tananya banyak mngandung zat besi.
10.   Konsep Keterkaitan keruangan.
         Merupakan sebuah kejadian yang dihubungkan denagn beberapa factor,misalnya daeras A rawan longsor selaijuga karena banayk pohon yang ditebangi juga karena bentuk lahannya yang agak miring.


PENDEKATAN GEOGRAFI (APPROACH)
Pendekatan geografi ialah suatu bentuk cara pandang penanganan terhadap sebuah kejadian dalam goegrafi.Pendekatanendiri di bagi menjadi tiga,antara lain:
1.       Spatial Approach/ Pendekatan keruangan
Cara pandang suatu wilayah yang hanya melihat aspek lingkungannya saja,seperti  daerah Kediri dan Blitar terkena abu letusan Gunung Kelud.
2.       Ecological Approach/Pendekatan Kelingkungan
Cara pandang suatu masalah yang hanya dilihat dari aspek kegiatan manusia saja,misalnya banyak orang membuang sampah di bantaran Kali Ciliwung sehingga sering terjadi banjir.
3.       Complex Region Approach/Pendekatan Kompleks wilayah
Merupakan gabungan dari pendekatan keruangan dan kelingkungan.Contohnya adalah Program transmigrasi pemerintah ,selain meninjau wilayah yang akan digunakan sebagai pemukiman pemerintah juga harus meninjau profesi masyarakat yang akan melakukan transmigrasi,biasanya harus homogen.

C.PRINSIP-PRINSIP GEOGRAFI
1.       Prinsip Deskripsi
Prinsip yang menggambarkan fenomena geografi secara detail,biasanya dilengkapi dengan grafik,tabel,gambar,dll
2.       Prinsip Distribusi
Prinsip yang menandai persebaran fenomena geografi ,biasanya dilengkapi lokasi persebarannya.
3.       Prinsip Interelasi
Prinsip yang menandai hubungan saling keterkaitan,contohnya fenomena banjir dihubungkan dengan perilaku masyarakat yang suka membuang sampah di sungaiserta derasnya curah hujan
4.       Prinsip Korologi
Yaitu prinsip yang merupakan gabungan dari prinsip deskripsi,distribusi dan interelasi.


D.OBJEK GEOGRAFI
1.       Objek Formal
Yaitu cara atau upaya geografi dalam menangani sebuah permasalahan biasya menggunakan metode pendekatan geografi.
2.       Objek Material
Yaitu materi yang dipelajari,diamati atau yang menjadi media geografi,biasanya dikenal dengan aspek geosfer. Aspek Geosfer sendiri ada lima,yaitu:
a. Atmosfer    : Segala macam lapisan udara
b. Hidrosfer   : Segala macam yang berhubungan dengan air
c. Lithosfer    : Segala macam daratan atau batuan yang ada di bumi.
d.Antroposfer:Segala macam hal yang berhubungan dengan manusia.
e.Biosfer    : Segala macam persebaran Flora dan fauna di muka bumi.


1 komentar:

Unknown on 21 November 2012 pukul 23.51 mengatakan...

Kapan posting lagi?

Posting Komentar

 

Inspirasi Nesia Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos